Seller Rating Lazada



Mulai Februari 2018, Seller Rating berganti menjadi Positif Seller Rating, dengan detail sebagai berikut :
1.      Apa Positif Seller Rating?
Setelah membeli produk di Lazada, pelanggan akan diminta untuk menilai penjual. Pelanggan dapat memilih satu dari tiga penilaian yaitu puas, netral, dan tidak puas. Penilian inilah yang akan menjadi acuan dalam menentukan Positif Seller Rating anda.

2.      Bagaimana Positif Seller Rating dihitung?
Positif Seller Rating dihitung berdasarkan total ulasan positif dibagi dengan semua ulasan yang diberikan oleh pelanggan yang membeli di took anda. Mulai Februari 2018, pembatalan akan diakumulasikan sebagai negative rating dan akan dimasukan dalam perhitungan dimana 10 pembatalan= 1 ulasan negatif.

3.      Dimana saya dapat melihat ulasan dan rating saya?
  • Akun profil penjual dan laman produk anda akan menunjukan seluruh ulasan dari pelanggan sejak toko anda berdiri. Klik DISINI untuk informasi lebih lanjut mengenai laman profil dan produk anda.
  • Beranda di Seller Center akan menunjukan rating anda selama delapan minggu kebelakang (mulai Februari 2018) dan ulasan pelanggan dapat anda lihat di ‘Kotak Masuk’ (Agustus 2018). Evaluasi akan didasarkan pada penilaian ini.
4.      Dimana pelanggan dapat melihat rating dan ulasan?
Pelanggan dapat melihatnya di laman profil penjual dan laman produk yang dijual. Pelanggan dapat melihat rating dan ulasan toko anda sejak pertama toko anda berdiri di Lazada.

5.      Apa yang akan ditunjukan apabila saya belum memiliki rating?
Rating anda akan ditunjukan sebagai “belum ada rating”.

6.      Saya mendapatkan sedikit ulasan. Apakah pelanggan mengetahui mengenai hal ini?
Di setiap pembelian, Lazada akan mengiirmkan email dan notifikasi di web dan aplikasi mengenai ulasan produk setelah produk tersebut sampai ke tangan pelanggan.

7.      Apakah pelanggan yang tidak membeli dapat memberikan ulasan pada penjual?
Tidak, hanya pelanggan yang membeli dan menyelesikan pesanannya yang dapat memberikan ulasan.

8.      Bagaimana menghindari kompetitor yang membeli produk kami dengan tujuan memberikan ulasan yang buruk?
Lazada menjalankan verifikasi spam untuk pelanggan yang membeli demi menghindari kasus penipuan seperti ini.

9.      Bagaimana saya dapat meningkatkan rating saya?
o   Kualitas produk
·         Lakukan cek kualitas pada produk anda sebelum melakukan pengemasan dan pastikan produk dalam kondisi terbaik.
·         Gunakan material yang direkomendasikan dalam proses pengemasan untuk menghindari kerusakan pada produk
·         Tingkatkan kualitas konten SKU anda secara berkala.
·         Selalu cek bahwa gambar dan deskripsi produk selalu sesuai dengan keadaan produk yang sebenarnya.
o   Pemenuhan
·         Kurangi waktu pengemasan hingga pengiriman anda dengan segera memenuhi pesanan yang masuk pertama.
·         Pastikan anda mengemas barang yang tepat sebelum dikirimkan.
·         Hindari pembatalan pesanan
o   Layanan Pelanggan
·         Pastikan seluruh pertanyaan pelanggan anda jawab dengan cepat dan tepat.

10.  Apa yang bias saya lakukan untuk meningkatkan visibilitas toko dan produk saya apabila rating saya dibawah 50%?
Tingkatkan kualitas produk, kirimkan barang dengan cepat, dan membalas pertanyaan pelanggan akan membantu untuk meningkatkan rating anda.
Gunakan servis marketing berbayar dari Lazada seperti Sponsored Products dan voucher untuk meningkatkan visibilitas produk anda.

11.  Apa saja keuntungan yang bias saya dapatkan apabila positif seller rating saya tinggi/sangat baik?
Penjual dengan positif seller rating yang tinggi dapat menikmati beberapa keuntungan yaitu:
·         Ranking yang lebih tinggi dalam pencarian produk di Lazada
·      Dapat berpartisipasi dalam kampanye dan event yang diselenggarakan Lazada
·         Berkesempatan untuk bergabung dalam program Prioritas.

12.  Bagaimana positif seller rating saya mempengaruhi akses menuju keuntungan-keuntungan tersebut?
Positif seller rating merupakan salah satu kriteria untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut. Penjual setidaknya harus mempertahankan minimum 50% positif seller rating untuk dapat mengakses keuntungan-keuntungan tersebut.

13.  Bagaimana positif seller rating dapat mempengaruhi kelayakan saya untuk berpartisipasi dalam kampanye Lazada?
Penjual dengan minimal 50% dapat berpartisipasi dalam kampanye. Namun, dalam beberapa kampanye, penjual diharuskan untuk memiliki rating yang lebih tinggi untuk dapat berpartisipasi.



Post a Comment

أحدث أقدم