Mulai Februari 2018,
Seller Rating berganti menjadi Positif Seller Rating, dengan detail sebagai
berikut :
1.
Apa
Positif Seller Rating?
Setelah
membeli produk di Lazada, pelanggan akan diminta untuk menilai penjual.
Pelanggan dapat memilih satu dari tiga penilaian yaitu puas, netral, dan tidak
puas. Penilian inilah yang akan menjadi acuan dalam menentukan Positif Seller
Rating anda.
2.
Bagaimana
Positif Seller Rating dihitung?
Positif
Seller Rating dihitung berdasarkan total ulasan positif dibagi dengan semua
ulasan yang diberikan oleh pelanggan yang membeli di took anda. Mulai Februari
2018, pembatalan akan diakumulasikan sebagai negative rating dan akan dimasukan
dalam perhitungan dimana 10 pembatalan= 1 ulasan negatif.
3.
Dimana
saya dapat melihat ulasan dan rating saya?
- Akun profil penjual dan laman produk anda akan
menunjukan seluruh ulasan dari pelanggan sejak toko anda berdiri.
Klik DISINI untuk informasi lebih lanjut mengenai laman
profil dan produk anda.
- Beranda di Seller Center akan menunjukan rating anda
selama delapan minggu kebelakang (mulai Februari 2018) dan ulasan
pelanggan dapat anda lihat di ‘Kotak Masuk’ (Agustus 2018). Evaluasi akan
didasarkan pada penilaian ini.
4.
Dimana
pelanggan dapat melihat rating dan ulasan?
Pelanggan
dapat melihatnya di laman profil penjual dan laman produk yang dijual.
Pelanggan dapat melihat rating dan ulasan toko anda sejak pertama toko anda
berdiri di Lazada.
5.
Apa
yang akan ditunjukan apabila saya belum memiliki rating?
Rating
anda akan ditunjukan sebagai “belum ada rating”.
6.
Saya
mendapatkan sedikit ulasan. Apakah pelanggan mengetahui mengenai hal ini?
Di
setiap pembelian, Lazada akan mengiirmkan email dan notifikasi di web dan
aplikasi mengenai ulasan produk setelah produk tersebut sampai ke tangan
pelanggan.
7.
Apakah
pelanggan yang tidak membeli dapat memberikan ulasan pada penjual?
Tidak,
hanya pelanggan yang membeli dan menyelesikan pesanannya yang dapat memberikan
ulasan.
8.
Bagaimana
menghindari kompetitor yang membeli produk kami dengan tujuan memberikan ulasan
yang buruk?
Lazada
menjalankan verifikasi spam untuk pelanggan yang membeli demi menghindari kasus
penipuan seperti ini.
9.
Bagaimana
saya dapat meningkatkan rating saya?
o
Kualitas
produk
·
Lakukan cek kualitas
pada produk anda sebelum melakukan pengemasan dan pastikan produk dalam kondisi
terbaik.
·
Gunakan material yang
direkomendasikan dalam proses pengemasan untuk menghindari kerusakan pada
produk
·
Tingkatkan kualitas
konten SKU anda secara berkala.
·
Selalu cek bahwa gambar
dan deskripsi produk selalu sesuai dengan keadaan produk yang sebenarnya.
o
Pemenuhan
·
Kurangi waktu pengemasan
hingga pengiriman anda dengan segera memenuhi pesanan yang masuk pertama.
·
Pastikan anda mengemas
barang yang tepat sebelum dikirimkan.
·
Hindari pembatalan
pesanan
o
Layanan
Pelanggan
·
Pastikan seluruh
pertanyaan pelanggan anda jawab dengan cepat dan tepat.
10.
Apa
yang bias saya lakukan untuk meningkatkan visibilitas toko dan produk saya
apabila rating saya dibawah 50%?
Tingkatkan
kualitas produk, kirimkan barang dengan cepat, dan membalas pertanyaan
pelanggan akan membantu untuk meningkatkan rating anda.
Gunakan servis marketing berbayar dari Lazada seperti Sponsored Products dan voucher untuk meningkatkan visibilitas produk anda.
Gunakan servis marketing berbayar dari Lazada seperti Sponsored Products dan voucher untuk meningkatkan visibilitas produk anda.
11.
Apa
saja keuntungan yang bias saya dapatkan apabila positif seller rating saya
tinggi/sangat baik?
Penjual
dengan positif seller rating yang tinggi dapat menikmati beberapa keuntungan
yaitu:
·
Ranking yang lebih
tinggi dalam pencarian produk di Lazada
· Dapat berpartisipasi dalam kampanye dan event
yang diselenggarakan Lazada
·
Berkesempatan untuk
bergabung dalam program Prioritas.
12.
Bagaimana
positif seller rating saya mempengaruhi akses menuju keuntungan-keuntungan
tersebut?
Positif
seller rating merupakan salah satu kriteria untuk mendapatkan
keuntungan-keuntungan tersebut. Penjual setidaknya harus mempertahankan minimum
50% positif seller rating untuk dapat mengakses keuntungan-keuntungan tersebut.
13.
Bagaimana
positif seller rating dapat mempengaruhi kelayakan saya untuk berpartisipasi
dalam kampanye Lazada?
Penjual
dengan minimal 50% dapat berpartisipasi dalam kampanye. Namun, dalam beberapa
kampanye, penjual diharuskan untuk memiliki rating yang lebih tinggi untuk
dapat berpartisipasi.
Post a Comment